Nasdog

November 14, 2013

foto: fahmianhar.wordpress.com
Jalan-jalan ke Magelang memang asyik. Banyak yang bisa dilihat di sana. Ada Borobudur, ada kerajinan patung di Muntilan, ada Taman Kyai Langgeng, ada Akmil (eh...ini objek wisata bukan ya?). Pokoknya buanyakkk pemandangan indah di sana.

Nah selain banyak yang bisa dilihat, di Magelang banyak juga yang bisa dimakan. Sebut saja Wajik Week, Getuk Trio, Es Eny, Es Semanggi, tidak lupa pula sup senerek. Harga makanan di Magelang juga relatif murah...pokoknya mak nyusss.

Kali ini saya akan cerita sebuah menu wajib yang tidak pernah terlewat setiap kali ke Magelang. Nama makanannya adalah nasi godog, atau saya singkat dengan NasDog. Dulu, ketika pertama kali menginjakkan kaki di Magelang, saya heran dengan judul menu ini. Di mana-mana nasi itu pasti melalui proses penggodogan, jadi seharusnya tidak perlu dijadikan nama. Nasi godog adalah nama generik. Sama saja apabila kita jualan teh, 'kan sepertinya aneh kalau ada yang pasang papan nama "jual teh godog"? Cukup teh manis, atau es teh...tul nggak? 

Akhirnya rasa penasaran dengan judul menu nasi godog ini mendorong saya untuk incip-incip rasa makanan itu. Puter-puter, akhirnya pilihan jatuh pada sebuah warung kakilima dekat dengan swalayan New Armada, sebelah RSJ. Nama warungya kurang lebih "Warung Nasi Goreng Pak Rebo".

Nasi godog Magelang ini proses pembuatannya pakai tungku (Saya amati sebagian besar penjual nasi goreng di Magelang juga pake tungku, mungkin karena harga arang yang murah). Yang paling menarik adalah kuahnya. Kuah nasi godog ini adalah kaldu ayam kampung. Jadi awalnya bumbu dasar dimasukkan, oseng-oseng sampai baunya harum, terus masukkan nasi dan mie. Kemudian, siram pakai kuah...kurang lebih begitulah. Hasilnya...wuah, mak nyusss. Pokoknya jangan sampai ketinggalan kalau ke Magelang sempatkan mampir ke warung Pak Rebo, dan sempatkan untuk makan nasi godognya. Oh ya, untuk menu yang lain ada nasi goreng, mie goreng, dan mie godog. Tapi nggak tahu kenapa, saya hanya cocok dengan nasi godognya. Oh ya, harga per porsinya 9 ribu saja. Untuk sajian nasi godog ayam kampung, saya rasa harga segitu wajar.

Berikut ini penampakan nasi godognya:
Foto : Dok. Pribadi

Kalo yang ini adalah kiosnya Pak Rebo, yang lagi goreng itu sepertinya anaknya Pak Rebo:

You Might Also Like

2 komentar

Friends

Galeri

Ada warna biru muda di lingkaran ini. Mengingatkan cerahnya langit pascahujan
Biarkanlah balon-balon bebas itu beterbangan, sebebas warna-warna yang menyelimutinya
Budaya batik yang berinovasi Mencerahkan masa depan tradisi
Cinta tidak selamanya berwarna merah muda, bisa juga kuning oranye
Ketika warna ungu menjadi ceria, dia bersama hijau dan kuning istimewa