IME - Definisi dan Ruang Lingkup

March 14, 2013

Iklan dapat dilihat dari berbagai perspektif, demikian juga dengan iklan yang menggunakan media elektronik. Dari sekian banyak perspektif, tampaknya orang harus memilih menggunakan salah satunya sebagai landasan berpikir ilmiah. Menggabungkan definisi iklan dengan definisi media elektronik, akhirnya jurusan ilmu komunikasi Unsoed memilih memandang iklan media elektronik sebagai : “Iklan dengan kebutuhan akan energi elektronik / energi elektro mekanik untuk mengakses kontennya”.

Konsekuensi dari keputusan perspektif tersebut di atas adalah sudut pandang terhadap sifat media dan sifat audiens dalam iklan elektronik ini. Media akhirnya dianggap sebagai pihak yang aktif sementara audiens lebih kepada pihak yang pasif. Kepasifan audiens ini pada akhirnya menjadi sebuah kelemahan tersendiri bagi media elektronik, misalnya saja dengan terlewatnya pesan-pesan iklan media elektronik karena adanya kegiatan lain yang harus dilakukan audiens.

Pengistimewaan sifat media disematkan pada iklan internet. Internet memiliki sifat yang berbeda dengan media elektronik pada umumnya. Internet ini pada akhirnya lebih bersifat media cetak yang interaktif daripada media elektronik. Audiens diharuskan bersifat aktif ketika berinteraksi dengan internet.

Bagaimanapun, sudut pandang terhadap iklan media elektronik tetaplah berada dalam suatu lingkungan atau ruang lingkup iklan elektronik sebagai kajian khas komunikasi. Hal ini mengindikasikan iklan media elektronik dipandang sebagai bagian dari payung ilmu sosial secara umum, dan khususnya ilmu komunikasi.

Pada perkuliahan kedua, mahasiswa komunikasi Unsoed disajikan pada seluk beluk iklan media elektronik sebagai kajian ilmu sosial, dan sebagai kajian ilmu komunikasi. Harapannya, tentu saja mahasiswa dapat menempatkan iklan media elektronik ini ke dalam kedudukannya dan mempelajari sesuai kedudukan tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai materi kedua iklan media elektronik ini, mahasiswa dapat mengakses pada unggahan berikut:



Mahasiswa juga dapat melihat previewnya di bawah ini:

Foto : aarushi11.blogspot.com/

You Might Also Like

4 komentar

Galeri

Ada warna biru muda di lingkaran ini. Mengingatkan cerahnya langit pascahujan
Biarkanlah balon-balon bebas itu beterbangan, sebebas warna-warna yang menyelimutinya
Budaya batik yang berinovasi Mencerahkan masa depan tradisi
Cinta tidak selamanya berwarna merah muda, bisa juga kuning oranye
It supports captions, HTML elements and videos.