Membaca File EPUB

December 23, 2012


Ketika Anda mendapatkan sebuah buku elektronik berformat yang agak nyeleneh jangan terburu-buru dibuang. Salah satu format buku elektronik yang cukup nyeleneh menurut saya adalah format EPUB. Ternyata, file seperti ini bisa dibuka dengan menggunakan beberapa software. Salah satunya adalah Adobe Digital Editions yang bisa didapatkan dengan gratis. Gimana caranya? Let's Cekidot!

Ceritanya, saya tertarik dengan sebuah buku elektronik yang berjudul “The Artist Unique” yang penampakannya seperti ini:



Kurang lebih, buku ini bercerita tentang teknik-teknik yang digunakan oleh para seniman (pelukis) untuk menunjukkan kekhasan karyanya. Kalau Anda tertarik dan ingin mengunduhnya, dapatkan saja silakan mengunduh tautan di bawah ini :

The Artist Unique

Namun, ternyata ada kesulitan ketika hendak membacanya. Buku elektronik tersebut berformat EPUB, atau berekstensi .epub yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan pdf reader biasa. Setelah mencari-cari, ternyata ada software pembaca dari Adobe, yang bernama Adobe Digital Editions. Dengan ukuran file unduhan yang berkisar hanya 5,6 mb Anda sudah dapat membaca file-file EPUB dengan nyaman. Kira-kira penampakannya seperti berikut:



Tertarik? Kalau ingin mengunduhnya Anda bisa langsung ke halaman unduh di laman Adobe, atau dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini:

Adobe Digital Editions Home

UPDATE: Juli 2014

Ternyata saat ini teknologi semakin memudahkan manusia. Demikian juga dengan teknologi pembacaan file digital semacam E-Pub ini. Pada Bulan Juli 2014, ketika saya "kepo" menelusuri add-ins peramban Mozilla Firefox, ternyata di sana sudah terdapat piranti yang dapat digunakan untuk membaca file E-Pub ini.



Dalam deskripsinya, publisher add-ins ini mengatakan bahwa pengguna Mozilla Firefox akan sangat dimudahkan dengan cukup memiliki EPUBReader ini dalam perambannya. Mereka tidak perlu memasang software lainnya.

Normalnya apabila kita hendak mengunduh file berekstensi EPub, akan muncul dialog menyimpan di bagian kanan peramban Firefox. Namun dengan adanya add-ins ini, file yang disimpan tersebut akan segera dibuka dan langsung bisa dibaca. Pengguna add-ins ini juga dapat memanfaatkan EPUBReader untuk membaca file berekstensi Epub yang telah diunduhnya. Caranya cukup mudah, buka file tersebut menggunakan peramban Firefox. Caranya: Klik File > Open File, dan cari File Epub yang ingin dibuka. Berikut contohnya:



Jadi pilihannya sekarang ada di tangan Anda, apakah akan menggunakan software dari Adobe ataukah menggunakan add-ins di Firefox ini. Tapi yang paling penting lagi, ketelatenan kita membaca file Epub ini lho ya.

Ada yang ingin ditambahkan? Atau ada pertanyaan? Silakan dikomeng saja Gan.

You Might Also Like

16 komentar

Friends

Galeri

Ada warna biru muda di lingkaran ini. Mengingatkan cerahnya langit pascahujan
Biarkanlah balon-balon bebas itu beterbangan, sebebas warna-warna yang menyelimutinya
Budaya batik yang berinovasi Mencerahkan masa depan tradisi
Cinta tidak selamanya berwarna merah muda, bisa juga kuning oranye
Ketika warna ungu menjadi ceria, dia bersama hijau dan kuning istimewa