Warna

June 05, 2012


Ada dua objek yang sama ukuran, tekstur, bentuk, dan tingkat kecerahan lalu apakah yang membedakannya? Jawaban saya adalah warna.

Warna merupakan salah satu elemen desain yang unik. Warna dapat menimbulkan perubahan kondisi psikologis pada orang-orang yang melihatnya. Warna-warna tertentu misalnya, akan dapat membawa kondisi emosi kita menjadi stabil. Sementara warna lain dapat mendorong kita kearah emosi yang lebih dinamis. Secara lengkap, hal ini dibahas dalam kajian psikologi warna.

Komunikasi visual, di sisi lain, memanfaatkan kajian psikologi warna dalam perspektif desain. Desainer harus betul-betul memahami bahwa warna-warna tertentu dapat menimbulkan efek tertentu pada kondisi psikologis penikmatnya. Desainer harus betul-betul memahami apakah akan mengkombinasikan warna yang serumpun ataukah warna yang kontras.

Desainer juga dapat menyesuaikan warna dengan produk yang hendak didesain. Produk makanan dengan rasa jeruk misalnya, tentu kurang arif apabila diberi kemasan dengan warna merah jambu. Produk dengan segmen pasar pria, tentu harus hati-hati dengan penggunaan warna pastel yang kesannya feminim.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini materi kuliah Komunikasi Visual adalah tentang warna. Pada materi ini mahasiswa dapat mengetahui aspek-aspek dasar warna dalam desain. Semoga materi ini dapat bermanfaat.

Materi dapat diunduh di bawah ini


Previewnya dapat dilihat di bawah ini

Warna

You Might Also Like

0 komentar

Galeri

Ada warna biru muda di lingkaran ini. Mengingatkan cerahnya langit pascahujan
Biarkanlah balon-balon bebas itu beterbangan, sebebas warna-warna yang menyelimutinya
Budaya batik yang berinovasi Mencerahkan masa depan tradisi
Cinta tidak selamanya berwarna merah muda, bisa juga kuning oranye
It supports captions, HTML elements and videos.