Sep 15, 2013

Multimedia untuk Belajar

Foto : amtekcompany.com
Sebagaimana kita bersama ketahui, perkembangan komputer sebagai alat bantu manusia sudah tidak disangsikan lagi. Komputer telah menjadi kebutuhan primer manusia. Demikian juga dalam pembelajaran, komputer telah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Penggunaan komputer secara intensif dalam pembelajaran lebih dikenal sebagai computer based instruction.

Metode pembelajaran berbasis komputer memang lebih rumit. Harus ada sebuah kerjasama tim dalam pembuatannya. Ada programer yang memahami berbagai piranti perangkat lunak yang terlibat dalam proses pembelajaran. Ada pembuat skenario, apabila proses pembelajaran tersebut melibatkan proses simulasi. Bahkan mungkin perlu ada spesialis pembuat skrip, agar proses pembelajaran yang dikemas melalui komputer dapat terasa alami.

Salah satu, metode pembelajaran berbasis komputer yang paling sederhana adalah presentasi multimedia. Dikatakan sederhana karena metode ini masih merupakan gabungan antara metode pembalajaran berbasis komputer yang digabung dengan metode konvensional (klasikal). Masih terjadi interaksi antarmanusia dalam metode pembelajaran ini, yang berarti tidak semuanya diskenario. Sebagian dari prosesnya tetap membutuhkan kemampuan pengajar dalam menguasai kelas.

Presentasi multimedia akan lebih berhasil apabila tepat dalam menggunakan alat bantu (software). Kebanyakan orang di Indonesia telah terbiasa menggunakan Microsoft Powerpoint sebagai piranti pembantu presentasinya. Padahal, banyak piranti lain yang sebenarnya dapat membantu proses presentasi ini. Sebut saja LibreOfficeImpress, Kingsoft Presentation, Adobe Captivate, Prezi, PowToon, bahkan Google Presentation. Semua bisa digunakan asalkan mengetahui caranya.

Pada pertemuan perkuliahan kedua, mahasiswa diharapkan mampu menguasai piranti lunak pembantu presentasi. Karena, selama mereka berada di kampus, mereka akan berhadapan dengan kewajiban presentasi yang rutin dilakukan. Untuk menambah pemahaman, mahasiswa dapat mengunduh materi online DISINI.


EmoticonEmoticon