Review Software : Fonprompt Apps

July 26, 2013

Foto : appaware.com
Presentasi sepertinya menjadi kebutuhan bagi banyak orang di muka bumi ini. Mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, arsitek, bahkan pengusaha. Pemanfaatan presentasi sebagai wahana untuk mendapatkan “perhatian” telah dipahami secara luas. Presentasi menjadi sebuah hal yang harus baik, dan berbeda. Karena itu, saat ini banyak beredar berbagai perangkat lunak yang membantu kemudahan dalam presentasi sekaligus membuatnya menarik serta berbeda dari yang lain. Ada Libreoffice Impress, Kingsoft Presentation yang merupakan perangkat lunak presentasi yang gratis. Ada Prezi yang merupakan software pembuat presentasi nonlinier, dan tentu saja Microsoft Powerpoint.

Nama Microsoft Powerpoint merupakan yang paling banyak digunakan saat ini (paling tidak oleh banyak orang yang saya jumpai). Karena keterkenalan software ini, banyak pihak ketiga yang memberikan dukungan untuk menambah nilai gunanya. Misalnya saja untuk memperbaiki bentuk slide atau gambarnya, salah satu yang saya suka adalah situs slideshop.com yang memberikan template powerpoint yang bagus.

Selain dukungan berupa software, banyak pihak ketiga yang memberi dukungan hardware. Misalnya saja yang membuat controller atau remote khusus untuk mempermudah mengontrol powerpoint dari jarak jauh. Beberapa remote ini dijual di pasaran seharga sekitar 125 ribu sampai 200 ribu, namun ada pula yang menjual remote bermerek yang kisaran harganya berada pada kisaran 300 – 900 ribu. Sepertinya harga yang cukup mahal ya?

Apabila anda mempunyai sebuah perangkat android, ada sebuah aplikasi remote powerpoint yang sangat sederhana dan gratis (ada juga versi berbayarnya). Namanya FonPrompt Apps. Aplikasi yang sederhana ini tersedia secara gratis di playstore yang bisa ditelusur DI SINI. Saya sangat merekomendasikan aplikasi ini karena penggunaannya yang sangat simpel. Anda tidak perlu mengatur berbagai pengaturan rumit, cukup dengan bermodal QR Code saja.
Oke, langsung saja ke langkah-langkah penggunaan FonPrompt Apps sebagai berikut :
  1. Pasang FonPrompt di perangkat android Anda
  2. Pasang FonPrompt4PPT (exe) di komputer, di mana versi gratisnya dapat diklik DI SINI
  3. Klik / aktifkan program FonPrompt4PPT di komputer lalu pilih powerpoint (disarankan dengan ekstensi .pptx) yang hendak diremote
  4. Kemudian muncullah QR Code di komputer Anda
  5. Buka FonPrompt di perangkat Android Anda
  6. Klik kotak “Start Pairing”
  7. Scan QR Code di layar komputer dengan menggunakan kamera Android (pengalaman saya komputer Anda harus terkoneksi internet ketika di scan, entah kenapa ketika komputer tidak terkoneksi proses scanning gagal)
  8. Nah, sekarang kontroller sudah muncul di layar Android yang berisi slide beserta notes powerpoint Anda.
  9. Untuk menutup aplikasi ini gunakan tombol “exit” pada menu option
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar berikut:

Langkah-langkah yang ditempuh:

Penampakan QR Code Pairing:

Tampilan di layar Android :



Lebih jelas lagi tentu saja bisa dilihat di videonya Om Thomas Lankes, developer aplikasi ini:


Oh ya, ada sedikit tambahan. Aplikasi ini hanya berguna untuk perpindahan antarslide. Anda tidak bisa mengoperasikan klik pada objek tertentu di slide atau menganimasikan objek. Pokoknya usahakan satu slide satu kali animasi (setidaknya begitu pengalaman saya).

Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

3 komentar

Galeri

Ada warna biru muda di lingkaran ini. Mengingatkan cerahnya langit pascahujan
Biarkanlah balon-balon bebas itu beterbangan, sebebas warna-warna yang menyelimutinya
Budaya batik yang berinovasi Mencerahkan masa depan tradisi
Cinta tidak selamanya berwarna merah muda, bisa juga kuning oranye
It supports captions, HTML elements and videos.