Apr 7, 2013

Iklan Radio - 2

tuckeradvisorygroup.com
Pada materi sebelumnya telah dibahas mengenai seluk beluk media radio. Kekhasan karakteristik radio membuat para pengiklan tidak dapat meninggalkan media konvensional tersebut. Bahkan saat ini inovasi telah diterapkan agar media radio dapat lebih dimanfaatkan secara luas. Salah satunya adalah dengan bermunculannya radio streaming via internet.

Berbeda dengan media cetak, radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Istilahnya, radio ini menjadi theatre of mind. Ketika radio berbicara, maka pendengar menyimaknya dengan seksama sekaligus membuat gambaran di benaknya. Nah, disinilah dibutuhkan kejelian seorang copywriter dalam membangun gambaran karakter iklannya. Misal, untuk membangun karakter seorang laki-laki yang tinggi besar perlu dipertimbangkan pemilihan suara yang berat dan dalam. Karena biasanya, suara berat dan dalam diidentikkan dan dibayangkan pendengar sebagai sosok yang tinggi besar.

Dengan demikian, iklan di radio mempunyai bahasa, batasan waktu, dan peristilahan khusus yang dapat secara detail menggambarkan keinginan tim kreatif periklanan. Biasanya, untuk memahami iklan radio secara detail, dibuat sebuah script khusus dengan menggunakan kode tertentu. Kode-kode ini berlaku umum di dunia perradioan dan relatif dipahami oleh para praktisi yang berkecimpung didalamnya. Kode tertentu tersebut biasanya meliputi setting yang dibangun, pengisi suara, jingle, musik pengiring, bahkan durasi waktu. Khusus untuk durasi waktu, iklan radio biasanya ada pada kisaran 30 sampai 60 detik. Namun saat ini kecenderungannya bertambah, apalagi harga slot yang murah memungkinkan semua itu terjadi, sehingga saat ini ada yang slot iklannya sampai 150 detik atau 2.5 menit.

Materi yang akan saya bagikan kali ini membahas mengenai teknik iklan radio. Harapannya, teknik tersebut dapat menjadi bekal bagi mahasiswa komunikasi dalam membuat iklan radio sederhana. Yang lebih penting tentu saja selalu mengasah kemampuan, karena praktik teknis di lapangan sangat tergantung pada kemampuan kreativitas dalam menguasai alat. Kreativitas ini tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan dengan ketelatenan mengasah kemampuan dalam waktu yang lama. 

Iklan Radio - 2 (Mediafire, 3.16 MB)


EmoticonEmoticon