Jan 15, 2013

Software Adobe Gratis ?

Bekerja sebagai desainer pada abad informasi seperti saat ini tidak dapat dipisahkan dengan software desain. Salah satu desain yang paling banyak digunakan adalah keluaran dari Adobe. Permasalahannya harga bandrol software tersebut tidaklah murah untuk ukuran kantong orang Indonesia. Di sebuah situs jual beli, harga software Adobe Creative Suite 6 mencapai hampir 150 dolar, atau sekitar 1,5 juta rupiah.


Akhirnya, banyak desainer yang menempuh jalan pintas. Mereka mengunduh ataupun membeli software bajakan yang banyak dijajakan di pasaran, meskipun sebagian yang lain cenderung menghindari hal itu. Kurang elegan dan ada beberapa fitur yang tidak muncul katanya. Sebagian desainer yang lain mencoba menggunakan software open source.


Pada kenyataannya, banyak juga yang mengeluhkan kualitas software desain open source ini. Namun ternyata sudah ada software desain yang dulunya berbayar, saat ini berlisensi gratis. Software tersebut adalah Adobe CS2 dan turunannya. Entah apa maksud dari Adobe, yang jelas software berlisensi gratis ini tampil di website resminya. Seperti dilansir situs Ebsoft, produk yang tersedia adalah: Adobe Creative Suite CS2, Acrobat 3D, Acrobat Standart 7.0, Acrobat Pro 8.0, Audition 3.0, Golive CS2, Illustrator CS2, InCopy CS2, InDesign CS2, Photoshop CS2, Photoshop Elements CS2, Adobe Premier Pro CS2.

Banyak perdebatan mengenai dilansirnya software gratis ini. Namun pada lamannya, Kang Ebta menuliskan bahwa walaupun sistem yang diperlukan adalah Mac OS X v. 10.2.8 – v. 10. 3.8. PowerPC G4/G5 processor dan Microsoft® Windows® 2000/Windows XP. Processor Intel® Pentium® III/4, namun dicoba diinstall pada Windows 7 32bit dan mampu berjalan normal, termasuk aktivasi menggunakan serial number tanpa harus online.

Saya sendiri belum mencoba pada Windows 7 64bit. Namun apabila Anda ingin mencoba software gratis ini bisa langsung ke halaman unduh Adobe atau dapat juga melalui tautan di bawah ini.


Alhasil walaupun menggunakan software yang sudah agak 'kuno', namun apabila kreatif saya kira tidak terlalu masalah. Betul tidak?

Foto : http://news.cnet.com


EmoticonEmoticon