Dec 23, 2012

Membaca File EPUB


Ketika Anda mendapatkan sebuah buku elektronik berformat yang agak nyeleneh jangan terburu-buru dibuang. Salah satu format buku elektronik yang cukup nyeleneh menurut saya adalah format EPUB. Ternyata, file seperti ini bisa dibuka dengan menggunakan beberapa software. Salah satunya adalah Adobe Digital Editions yang bisa didapatkan dengan gratis. Gimana caranya? Let's Cekidot!

Ceritanya, saya tertarik dengan sebuah buku elektronik yang berjudul “The Artist Unique” yang penampakannya seperti ini:



Kurang lebih, buku ini bercerita tentang teknik-teknik yang digunakan oleh para seniman (pelukis) untuk menunjukkan kekhasan karyanya. Kalau Anda tertarik dan ingin mengunduhnya, dapatkan saja silakan mengunduh tautan di bawah ini :

The Artist Unique

Namun, ternyata ada kesulitan ketika hendak membacanya. Buku elektronik tersebut berformat EPUB, atau berekstensi .epub yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan pdf reader biasa. Setelah mencari-cari, ternyata ada software pembaca dari Adobe, yang bernama Adobe Digital Editions. Dengan ukuran file unduhan yang berkisar hanya 5,6 mb Anda sudah dapat membaca file-file EPUB dengan nyaman. Kira-kira penampakannya seperti berikut:



Tertarik? Kalau ingin mengunduhnya Anda bisa langsung ke halaman unduh di laman Adobe, atau dapat mengunduhnya dari tautan di bawah ini:

Adobe Digital Editions Home

UPDATE: Juli 2014

Ternyata saat ini teknologi semakin memudahkan manusia. Demikian juga dengan teknologi pembacaan file digital semacam E-Pub ini. Pada Bulan Juli 2014, ketika saya "kepo" menelusuri add-ins peramban Mozilla Firefox, ternyata di sana sudah terdapat piranti yang dapat digunakan untuk membaca file E-Pub ini.



Dalam deskripsinya, publisher add-ins ini mengatakan bahwa pengguna Mozilla Firefox akan sangat dimudahkan dengan cukup memiliki EPUBReader ini dalam perambannya. Mereka tidak perlu memasang software lainnya.

Normalnya apabila kita hendak mengunduh file berekstensi EPub, akan muncul dialog menyimpan di bagian kanan peramban Firefox. Namun dengan adanya add-ins ini, file yang disimpan tersebut akan segera dibuka dan langsung bisa dibaca. Pengguna add-ins ini juga dapat memanfaatkan EPUBReader untuk membaca file berekstensi Epub yang telah diunduhnya. Caranya cukup mudah, buka file tersebut menggunakan peramban Firefox. Caranya: Klik File > Open File, dan cari File Epub yang ingin dibuka. Berikut contohnya:



Jadi pilihannya sekarang ada di tangan Anda, apakah akan menggunakan software dari Adobe ataukah menggunakan add-ins di Firefox ini. Tapi yang paling penting lagi, ketelatenan kita membaca file Epub ini lho ya.

Ada yang ingin ditambahkan? Atau ada pertanyaan? Silakan dikomeng saja Gan.

16 komentar

Wah pas buka tulisan terakhir langsung kena, ini dia yang dicari-cari, ekstensi epub selama ini takpikir harus langsung baca, soalnya kalo disave gak bisa lagi kebuka, ternyata ada softwarenya....

btw, mas punya buku marketer's guide to public relations gak ya? susah carinya nih...

matur nuwun mas tulisannya bermanfaat...

Makasih Kang udah mampir di lapak saya. Itu yang ditulis Kang Dudi judul buku atau tema ya? Kalo judul saya juga belum nemu, tapi kalo tema bisa dicoba link ini

http://longfiles.com/kba9qktnrlox/Social.Media.and.Public.Relations.pdf.html

Semoga bermanfaat.

Itu judul mas....dari thomas L. Harris

O ya mas kasih bocoran dong biar blog gak bisa dicopypaste....

Saya dari tadi cari-cari di perpus belum ketemu Kang. Coba besok dicari lagi. Tentang blog, mending biarin dicopy paste Kang...gak pa pa. Kayanya itu yang bikin blog kita lebih diliat orang. Liat aja blog saya masih 16 ribu klik. Dulu saya iseng cari tutorial di internet tentang disable klik kanan, tapi udah lupa caranya kang. Yang jelas saya nyesel blognya dibuat gitu, pengen balikin tapi nggak bisa. Kalo ada temen yang bisa, atau tutorialnya siap di laksanakan lah.

wah, kebetulan saya nyari2 software ini buat baca2 ebook berekstensi epub...thanks mas bro...

trmksh informasinya..

Terima kasih sudah berbagi info

to Daftar Harga Blackberry : Trims sudah mampir di gubug saya ini
to dua Anonymous : Trims juga sudah mampir, semoga tulisannya bermanfaat

waaah pengalaman sama saya punya teman memberikan file eee tidak bisa di buka dgn foxitreader ya jadi pusing so tanya tanya sana sini di embah google kasi info ke sini mas ganjar. ini dia saya coba download dulu saya coba smoga jalan ya mas di doain soal nya file ini merupakan tugas kuliah sih maklum anak kost serba irit he he trims ya mas

@ sudarmin sastro utomo...silakan diunduh, semoga linknya masih hidup, dan semoga dapat dimanfaatkan. sama, saya juga harus serba irit...hehehe

Menarik, pak.
Masih ada lg prog utk baca epub, namanya Calibre. Cuman, bagi yg pnya bandwith pas-pasan kyak saya, rada menakutkan klo pngen download.

Kemarin saya coba program Calibre Mas, waduh ukurannya guede minta ampun. Awalnya mau saya pakai untuk menggantikan nitro pdf, tapi setelah dipikir-pikir jadi tidak bisa print as pdf. Akhirnya batal Mas...dan balik maning ke program awal.

@data ku: terima kasih sudah mampir...


EmoticonEmoticon