Oct 22, 2012

Desain Berbasis Psikologi Gestalt


Ada beberapa teknik dalam membuat desain. Salah satunya adalah yang berpedoman pada prinsip Gestalt, sebuah kajian yang berasal dari ranah ilmu Psikologi. Adalah Max Wertheimer yang memperkenalkan teori ini ke publik.
            Teori ini mempunyai pemahaman bahwa manusia tidak menyimpulkan seluruh elemen berdasarkan elemen-elemen penyusunnya saja, namun cenderung akan membuat kesimpulan baru yang merupakan elemen dalam satu kesatuan yang utuh. Keimpulan baru tersebut bisa jadi berbeda dari elemen penyusunnya. Jadi apa yang dipersepsi manusia itu adalah sebuah kebulatan atau unity.

            Prinsip Gestalt yang semula berkembang di ranah ilmu Psikologi, kemudian “dipinjam” oleh kajian desain. “Peminjaman” ini kemudian membentuk sebuah istilah baru yang dinamakan “Prinsip Gestalt dalam Desain”.
            Pada slide kali ini, Saya akan mencoba berusaha memunculkan kajian Gestalt dalam desain, serta pengaplikasiannya pada ilmu komunikasi (visual). Harapannya, para mahasiswa dapat memperoleh hal baru, atau paling tidak mengingatkan kembali tentang dasar-dasar keilmuan tentang desain.
            Presentasi tentang prinsip Gestalt dapat Anda lihat di bawah, namun seandainya hendak mengunduhnya, anda dapat klik DI SINI. Semoga bermanfaat.
Desain Berbasis Prinsip Gestalt





EmoticonEmoticon