Jun 23, 2012

Komposisi


Mungkin di antara Anda ada yang mengamati, ada beberapa halaman surat kabar yang nyaman dibaca, sementara yang lain membuat mata cepat lelah. Kira-kira apakah yang membuat perbedaan di antara keduanya? Barangkali komposisi desain merupakan jawabannya.

Beberapa surat kabar tertentu menerapkan prinsip komposisi secara ketat, sehingga membuatnya nyaman dibaca. Sementara itu, beberapa surat kabar yang lain cenderung berusaha memasukkan  informasi sebanyak-banyaknya tanpa mengindahkan kaidah tata letak. Padahal, informasi yang berjumlah banyak tadi nyaris tidak berguna tanpa pengaturan tata letak yang sesuai.

Tidak hanya surat kabar, banyak aplikasi desain lainnya yang membutuhkan pengaturan tata letak. Desain iklan, desain produk, desain kemasan, bahkan sampai desain rumah perlu memperhatikan tata letak yang sesuai. Oleh karena itu, pada materi komunikasi visual kali ini, saya kira perlu ada materi mengenai komposisi. Harapannya, pemahaman terhadap materi komposisi dapat membantu Anda membuat tata letak yang bagus.

Materi dapat diunduh di bawah ini


atau dapat dilihat previewnya berikut ini:

Komposisi


EmoticonEmoticon