Jun 21, 2012

Ilustrasi


Ilustrasi merupakan elemen yang digunakan secara intensif dalam kajian desain komunikasi visual. Biasanya, yang banyak dipahami oleh umum, adalah ilustrasi yang berkaitan dengan pengisian ruang kosong dalam sebuah halaman. Artinya ilustrasi dianggap sebagai pelengkap saja. Akibatnya, ilustrasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting dipelajari.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Ilustrasi menjadi penting dipelajari ketika ternyata informasi berupa gambar lebih menarik daripada informasi yang (melulu) berupa tulisan. Pemaduan antara gambar ilustrasi dengan teks yang hendak dijelaskannya membutuhkan pengetahuan tentang desain.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengunggah materi tentang ilustrasi. Alih-alih hanya berkutat pada desain saja, ilustrasi yang saya suguhkan di materi ini juga meliputi ilustrasi dalam sebuah karya ilmiah. Setelah membaca materi ini, saya berharap, mahasiswa yang hendak membuat sebuah karya ilmiah tidak melulu terpancang untuk menyampaikan informasi secara tertulis saja, namun juga mengikutsertakan ilustrasi dalam informasi tersebut sehingga lebih sedap dipandang mata.

Materi Ilustrasi dapat diunduh di bawah ini:


Anda juga dapat melihat preview di bawah ini:
Ilustrasi


EmoticonEmoticon