May 14, 2012

Layout Desain

Mengamati desain komunikasi visual, terdapat banyak hal menarik di dalamnya. Salah satunya adalah tentang bagaimana sebuah halaman komunikasi visual mampu membuat mata kita tidak berhenti memandangnya. Atau setidak-tidaknya sekilas kita memandang halaman komunikasi visual tersebut, kenangannya akan tetap melekat di kepala kita.

Nah, para desainer yang kreatif mempunyai peranan besar dalam mengikat mata audiens seperti kita. Mereka mengolah halaman komunikasi visual sedemikian rupa sehingga akan tampak menarik. Kreatifitas mereka hanya berbatas langit, dan tidak ada aturan baku yang dapat membatasinya. Hukum yang berlaku hanya ada dua: Harus Menarik dan Sangat Menarik!!

Namun setidaknya, untuk para pemula seperti kita, ada beberapa aturan pokok dalam belajar membuat sebuah halaman komunikasi visual jadi menarik. Salah satunya adalah aturan-aturan dasar tentang layout. Pada pertemuan pertama setelah midsemester, materi yang saya berikan adalah mengenai layout. Semoga saja materi sederhana ini dapat menjadi inspirasi untuk membuat halaman-halaman komunikasi visual yang menarik.

Materi Layout ini dapat diunduh di bawah ini:


Atau dapat juga dilihat previewnya di bawah ini:   Layout Halaman Cetak


EmoticonEmoticon