Apr 18, 2012

Tutorial Download PPT

Ini tutorial pertama saya, sehingga kalau ada salah-salah minta maaf ya...namanya juga newbie. Tutorial  akhirnya dibuat karena ada pembaca yang bertanya tentang cara mengunduh file powerpoint yang diselipkan dalam blog ini. Materi-materi kuliah yang sudah saya sampaikan di kelas diusahakan selalu muncul di blog, sehingga bila nggak bisa download tentu rugi kan? Setelah membaca tutorial ini semoga semua pembaca dapat mendownload materi kuliah dengan mudah.
    Satu lagi tambahan, tutorial ini dibuat bukan untuk maksud promosi, iklan, atau lainnya. Tutorial ini dibuat hanya untuk tujuan pendidikan saja, sehingga apabila ada nama atau lambang yang mirip atau sama dengan merek tertentu, murni ketidaksengajaan saya.

Oke, saya kira basa-basinya cukup ya. Sekarang langsung saja kita pelajari bersama langkah-langkah mendownload file yang disisipkan (di-embed) di blog ini. Setidaknya ada empat langkah pokok yang harus dilakukan sebelum file yang diinginkan dapat diunduh. Langkah pertama, tentu saja buka blog saya: ganjarruntiko.co.cc dan pilih file powerpoint yang hendak didownload. File powerpoint terbaru saya sudah bisa dilihat previewnya seperti tampak pada gambar di bawah ini.
 
Gambar di atas adalah salah satu file powerpoint yang ingin diunduh. Klik kiri pada judul file powerpoint (tulisan 7 - Bahasa Iklan) nantinya akan mengarah pada situs www.scribd.com tempat di mana sejatinya file powerpoint itu berada. (Saya minta maaf, sampai sekarang blog ini belum bisa diklik kanan. Dulu saya pernah menonaktifkan fitur klik kanan, namun sampai sekarang belum bisa mengembalikan seperti semula. Kalo ada pembaca yang bisa membantu, dengan senang hati saya akan menerimanya...hehehe)

Setelah sampai di situs scribd.com, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas ini. Selanjutnya Anda klik tombol download yang ada di sebelah kiri gambar. Biasanya, Anda yang belum terdaftar sebagai anggota scribd.com akan diminta untuk membuat akun. Saya sarankan Anda mendaftar saja, karena tidak ada ruginya punya akun di scribd. Ada hal penting yang saya hampir lupa, menu pendaftaran sepertinya hanya dapat terlihat kalau browser Anda terpasang plugin flash player. Sehingga, bagi yang laptop / PC-nya belum terinstall flash player, langsung aja menuju situsnya Adobe untuk mendownloadnya secara gratis. Cara download dan instalasi tidak akan dibahas di sini, dan saya harap Anda mau bersusah-susah sedikit untuk mencari tutorial cara download dan instalasi program. Kalau instalasi sudah benar, dan flash player sudah terpasang di laptop/PC Anda, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Ikutilah prosedur pendaftaran, dan apabila sudah selesai maka Anda sudah bisa mendownload semua file yang ada di scribd.com, termasuk file yang saya unggah di sana. Hanya saja, sebagai pengganti file yang diunduh, scribd.com akan minta Anda mengunggah file dari laptop/PC Anda. Unggah saja sembarang file yang Anda punya di laptop lalu download file yang diinginkan dari scribd.com, selesai. Mudah-mudahan tutorial sederhana yang saya tampilkan ini berguna. Apabila ada pertanyaan bisa via shoutbox atau kirim ke email saya di ganjarruntiko@gmail.com


EmoticonEmoticon